Sejarah YPAC Aceh

d30_1354Sejarah Berdirinya YPAC Aceh

Angin segar kepedulian terhadap anak berkebutuhan kusus lambat laun sampai juga gemanya ke bumi Iskandar Muda yaitu lewat sepucuk surat yang dikirimkan oleh pengurus YPAC pusat bernomor 561/A/U/S.Ps.271/1976 tanggal 8 November 1976 ditunjukan kepada Gubernur Kepala Daerah Istimewa Aceh pada masa itu untuk membentuk YPAC cabang Banda Aceh. Sebelum atau tepatnya yaitu pada bulan Agustus 1976 gagasan untuk membuka Sekolah Luar Biasa sudah dimulai yaitu dengan dikirimkanya sepucuk surat oleh Kepala Kantor Wilayah Depdikbud. Prop. Daerah Istimewa Aceh kepada Kepala Dinas P dan K Prop.Daerah Istimewa Aceh sebagai tanggapan atas diajukanya sebuah proposal oleh kepala kantor Depdikbud Kotamadya Banda Aceh (Drs.M Hasan Usman) tentang rencana pembukaan sebuah SLB di Banda Aceh.

Gagasan Sdr. Drs.M.Hasan Usman bekerjasama dengan Sdr Muhammad,BA dari Kanwil Depdikbud merupakan fase-fase embrio menjelang lahirnya SLB di Banda Aceh.Karena sukarnya memperoleh gedung sekolah pada waktu itu pembukaan sekolah dimaksud tertunda beberapa waktu. Kemudian Bapak Kakanwil Depdikbud menganjurkan agar didirikan sebuah yayasan yang akan memikirkan kelanjutan SLB setelah dibuka. Disaat sedang memikirkan hal tersebut terbetiklah berita bahwa SLB sebaiknya dikelola oleh sebuah yayasan, karena lebih kurang 90% SLB di Indonesia waktu itu diselenggarakan oleh yayasan. Dengan tak disangka-sangka datanglah surat dari YPAC Pusat sebagaimana tersebut diatas.

Hal itu terjadi bagaikan “ pucuk dicinta ulam pun tiba”. Maka dengan konsultasi yang dilakukan oleh Bapak AR. Hasballah (alm) dan Ibu Dra Rusminingsih dengan instansi terkait, yaitu Kanwil Depkes, Kanwil Depdikbud, Dinas P dan K dan pemuda (Biro Bina Sosial dan Spiritual) terbentuklah susunan pengurus YPAC cabang Aceh melalui SK Gubernur KDH Istimewa Aceh No: 49/1978 tanggal 13 Februari 1978 yang diperbaiki kembali tanggal 23 Februari 1978 dan merupakan cabang YPAC yang ke-14 di Indonesia.